PTC TERPECAYA

SentraClix

Sabtu, 15 Januari 2011

Pengenalan Konsep Membaca

Untuk mengajarkan anak agar dapat membaca dan menulis adalah melalui beberapa tahapan yang mudah di berikan kepada anak:
  Mendengarkan cerita  alat yang di perlukan "Buku cerita bergambar"  Tujuannya adalah untuk melatih bahasa
  anak karna ranah bahasa adalah membahasakan apa yang ada di pikiran anak.jadi sebelum kita mengenalkan
  anak pada huruf,suku kata dan kata sebaiknya kita melatih ranah bahasa anak -anak terlebih dahulu.

Pelaksanaan Kegiatan:

-Pengajar menggunakan buku cerita bergambar untuk bercerita kepada anak,dan anak mendengarkan
-Dalam bercerita gunakan bahasa yang mudah dan ada kalimat yang di ucapkan berulang-ulang misalnya:
    Wek....wek....anak bebek
    Wek...wek....ada dua anak bebek
    Wek....wek....anak bebek sedang mencari induknya
    Wek....wek....anak bebek jatuh ke dalam selokan......dst

   Siapa yang suka makan pisang?ternyata monyet
   Siapa yang suka makan ikan? ternyata kucing
   Siapa yang suka makan rumput? ternyata kambing.....dst
Karna konsep kata yang diulang-ulang akan mudah di ingat oleh anak.dan ketika anak di suruh untuk bercerita kendati anak belum bisa membaca anak akan bisa bercerita dengan baik karna anak telah terlatih ranah bahasa nya.Setelah anak menguasai ranah bahasa denga baik maka selanjutkan kita kenalkan anak pada tahapan-tahapan anak dalam membaca.

TAHAPAN-TAHAPAN MEMBACA

1. Mengenal Huruf
            Agar anak-anak mudah mengenal huruf banyak sekali metode yang dilakukan:
 a.Menyanyikan huruf A-Z gunanya adalah melatih anak dalam mengucapkan huruf dengan baik.
    -Nyanyikanlah lagu "ABC" secara bersama -sama
    -Bagilah anak menjadi empat kelompok
    -Bagilah anak cara bernyanyi dengan suara keras,lembut,tinggi dan rendah,lambat ,cepat ,berbisik ,pelan
      dsb.
    -Berilah kesempatan kepada setiap kelompok untuk memilih bagaimana mereka menyanyi
    -Setiap kelompok di minta menyanyikan hanya satu bait dari lagu "ABC"
    -Nyanyikanlah lagu "ABC"
                            Bagian 1---ABCDEFG
                            Bagian 2---HIJKLMN
                            Bagian 3---OPQRSTU
                            Bagian 4---VWXYZ
 b.Kartu Huruf
     alat yang diperlukan:

      -Kartu huruf vokal a,i,u,e,o
      -Kartu huruf konsonan
Pelaksanaan kegiatan:
-Pengajar mengajak anak-anak melihat sebuah kartu gambar dan menyebutkan huruf depannya .misalnya gambar apel huruf a, gambar bola huruf b ,gambar cangkir huruf c dan seterusnya.
-Anak-anak menirukan pengajar
-cara menyebutnya tidak harus berurutan dari a,b,c dst dapat dilakukan secara acak
c. Perabaan Huruf
     alat yang di perlukan:

    -1 set huruf peraba dari huruf A sampai dengan huruf Z kartu ini pada permukaannya harus memiliki
      permukaan yang kasar .sehingga pada saat di raba akan terasa di ujung jari.Kartu peraba ini bisa di buat
      sendiri dengan AMPLAS lalu kita potong membentuk huruf dan kita tempelkan pada kertas berwarna
      sehingga menarik perhatian anak.
   -Anak akan di ajarkan perabaan dan mengenal cara alur penulisan ,misalnya huruf a di raba dan huruf b dst
   -Pertama ajarlah anak meraba huruf mata terpejam kemudian dengan mata terbuka .ulangi satu huruf sam-
     pai enam kali rabaan kemudian suruhlah anak mengikuti alur tadi dengan menulis di udara kemudian menu-
    lis di atas tepung agar mudah di hapus baru kemudian menulis menggunakan pensil.

Dengan menggunakan kartu peraba ini anak mempunyai dua kemampuan  sekaligus yaitu mengenal dan menulis huruf

 d.Bentuk dan Huruf

 -Gambarlah sebuah lingkaran,bujur sangkar dan segi tiga
 -Tulislah beberapa huruf dalam setiap bentuk
 -Dua huruf dalam satu bentuk lebih baik untuk permulaan.misalnya tulis huruf "T" dan "M" dalam bentuk ling-
   karan .
 -Kemudian ajukan pertanyaan dalam berbagai cara:

                 Bentuk apa yang berisi huruf "T" ?
                 Dalam bentuk apa huruf "M" berada?

 e.Permainan Huruf
    A. Melompat Ria
         -Siapkan kartu-kartu yang masing-masing di atasnya tetulis satu huruf
         -Tunjukkan kepada anak-anak satu kartu dengan huruf "L".
         -Perlihatkan satu kartu kepada anak-anak dengan kata "Lompat" di atasnya.dengan demikian mereka
           melihat bahwa kata "Lompat" di mulai dengan huruf "L"
         -Pisahkan kartu yang telah di pakai
         -Sisipkan kartu "L" setiap 3 atau 4 kartu lain di sisipkan
         -Lakukan permainan ini dengan menggunakan huruf-huruf lainnya seperti "D" untuk duduk, "J" untuk
           jongkok.

    B. Ada apa di punggungku
        -Gunakan jari tangan untuk menuliskan satu huruf di punggung anak
        -Lihat apakah dia bisa menebak huruf apa yang di tulis di punggung nya
        -Tulis huruf yang sama di punggung anak yang lain
        -Berikan mereka semangat untuk saling menuliskan huruf di punggung temannya dan kemudian mene-
          baknya
        -Untuk anak yang lebih besar,tulislah nama teman mereka,hewan,bunga dll di punggung

2.Membaca Suku Kata
      Setelah mengenal huruf selanjutnya guru membimbing anak belajar membaca suku kata,dengan memasang warna  yang sesuai

Tahapan-Tahapan Membaca Suku Kata

a. Membaca suku kata secara bersama -sama pada saat klasikal kurang lebih 10 menit setiap hari.
    Misalnya:   ----ba    bi     bu    be    bo
                           ca    ci      cu    ce    co
                          
    Dua suku kata yang di atas di baca dua hari dan di ulang -ulang serta di acak sehingga membentuk suku kata misalnya:   ca - be.          be- ca     ca -ca    cu- ci    ba - ca    dst....demikian juga dengan suku kata yang lain.

b. Kartu Suku Kata
    Alat yang di perlukan
     -Kartu suku kata
  Pelaksanaan kegiatan:
     -Pengajar meletakkan sebuah kartu dan anak mencari pasangan kartu sesuai warnanya.
     -Jika sudah di pasang kartu di baca,misalnya kartu merah dengan merah,kartu kuning dengan kuning dst.
                                    na  si
   

                                  ro   ti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar